Minggu, 02 Desember 2012

MANIFESTANS(DEMONSTRAN) = MAHASISWA


MANIFESTANS(DEMONSTRAN) = MAHASISWA
Oleh: Muhammad Alfian Tuflih

Menuntut ilmu merupakan sesuatu yang yang wajib bagi setiap pelajar, tak terkecuali mahasiswa. Diantara kewajiban belajar itu, mahasiswa juga mempunyai sebuah kewajiban lain. Kewajiban itu adalah menyalurkan aspirasi rakyat kepada pemerintah. Penyaluran aspirasi oleh mahasiswa ini disebut demonstrasi. Sedangkan orang yang melakukan demonstrasi disebut demonstran.

Demonstrasi yang selalu dilakukan oleh mahasiswa ini bukan tanpa sebab. Melainkan akibat kurangnya perhatian pemerintah kepada rakyat, terutama mereka yang terindas oleh kebijakan-kebijakan tidak tepat/menyudutkan salah satu golongan yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan alasan demi memperbaiki kesejahteraan rakyat. Namun, fakta yang terjadi di lapangan, banyak sekali rakyat yang sengsara akibat kebijakan yang dibuat pemerintah karena kebijakan tersebut menyudutkan masyarakat.

Semoga, dengan pemberian nama “MANIFESTANTS (DEMONSTRAN)” pada PMB (Penyambutan Mahasiswa Baru) Fakultas Bahasa dan Sastra, dapat menumbuhkan semangat perjuangan bagi kami selaku mahasiswa baru. Untuk itu, mulai dari sekarang kita harus berfikir bagaimana cara menghindari tindak penindasan kaum lemah. Melakukan demonstrasi bukan berarti harus berbuat anarkis. Sebagai seorang mahasiswa FBS yang memiliki kemampuan berbahasa, kita harus merancang sebuah kalimat yang mampu menjadi senjata yang dapat menghancurkan rezim monopolistis yang hanya berpihak pada kaum elit.

Kami selaku mahasiswa yang baru menginjakkan kaki di jenjang universitas, kami sangat memohon bimbingan dari para senior agar kami dapat berfikir kritis dan bukan hanya mengandalkan fisik. Tetapi dengan pikiran, sehingga kami dapat membuat tulisan-tulisan ataupun menyampaiakan aspirasi kami, dan orang yang mendengar aspirasi kami atau membaca tulisan kami dapat tergugah hatinya untuk  saling menolong antar sesama serta menghilangkan penindasan terhadap rakyat kecil.

OSPEK FBS 2009
Ramadhan, Agustus 2009
Muhammad Alfian Tuflih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar